SDN Tulusrejo 4 mengusung visi:
“Terwujudnya Murid yang memiliki Akhlak Mulia, Cerdas, Berwawasan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni), dan Berbudaya Lingkungan berlandaskan nilai-nilai Pancasila”
Berikut adalah analisis keselarasan visi SDN Tulusrejo 4 dengan elemen-elemen Pembelajaran Mendalam:
Akhlak Mulia
Murid memiliki imtaq, sikap sopan santun, toleran dan menghargai orang lain
Cerdas
Murid mampu berpikir kritis, memecahkan masalah secara inovatif, dan menghasilkan karya kreatif yang bermakna.
Berwawasan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni)
Murid mampu memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara kritis dan inovatif untuk memecahkan masalah.
Cinta Lingkungan
Murid mampu memahami, menganalisis, dan menerapkan solusi berbasis cinta lingkungan untuk menjaga kelestarian lingkungan secara kritis dan proaktif.
Berlandaskan nilai-nilai Pancasila
Peserta didik menunjukkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SDN Tulusrejo 4 menetapkan misi sebagai berikut:
Menanamkan akhlak mulia melalui pembelajaran reflektif yang berkesadaran dan kegiatan kolaboratif yang menggembirakan.
Meningkatkan kecerdasan melalui pembelajaran berbasis masalah yang bermakna dan menantang secara kreatif.
Mengembangkan wawasan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni) melalui eksplorasi teknologi dan seni yang berkesadaran dan menggembirakan.
Menumbuhkan cinta lingkungan melalui aksi nyata yang bermakna dan proyek kolaboratif yang menggembirakan.
Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Evaluasi dan Kemitraan yang Berkelanjutan
Menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran kontekstual dan aksi kolaboratif yang menggembirakan, untuk membentuk siswa yang berjiwa gotong royong, adil, beradab, serta menjunjung tinggi ketuhanan dan persatuan dalam keberagaman.
Berikut adalah 11 tujuan sekolah secara umum yang telah diselaraskan dengan visi, misi, dan prinsip Pembelajaran Mendalam (olah pikir, olah hati, olah rasa, olah raga) serta 8 dimensi profil lulusan.
Mencapai prestasi akademik dan non-akademik yang optimal melalui pembelajaran berbasis masalah dan proyek kolaboratif yang bermakna
Mewujudkan sikap toleransi di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat melalui pembelajaran reflektif dan kegiatan kolaboratif
Mewujudkan perilaku berbudaya lingkungan melalui aksi nyata dan proyek kolaboratif yang menggembirakan
Mewujudkan kesadaran murid untuk taat beribadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing melalui pembelajaran reflektif
Mendukung orang tua dalam membimbing anak menjadi cerdas, berakhlak mulia, dan berwawasan IPTEKS melalui kemitraan berkelanjutan
Mencapai prestasi akademik maksimal melalui pembelajaran ramah anak yang berwawasan lingkungan
Menyediakan kegiatan nyata berorientasi kecakapan hidup (life skills) dan pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences)
Mewujudkan murid yang aktif, kreatif, inovatif, dan percaya diri tampil di depan umum melalui kegiatan kolaboratif
Mewujudkan kesadaran murid untuk memelihara lingkungan dan hidup sehat melalui aksi nyata
Membekali murid dengan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dasar untuk melanjutkan pendidikan melalui pembelajaran berbasis masalah
Menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran kontekstual dan kegiatan kolaboratif yang menggembirakan, untuk membentuk murid yang berjiwa gotong royong, menghormati keberagaman, serta menjunjung tinggi keadilan sosial dan ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari.